Resmi Dibuka! Daftar Kereta yang Tersedia untuk Keberangkatan 1 Desember 2025
HAIJAKARTA.ID – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta resmi membuka pemesanan tiket untuk 13 kereta api jarak jauh (KAJJ) dengan keberangkatan mulai 1 Desember 2025.
Langkah ini dilakukan agar masyarakat dapat merencanakan perjalanan lebih awal menjelang masa liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru).
Daftar Kereta yang Tersedia untuk Keberangkatan 1 Desember 2025
Manajer Humas KAI Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko, menyampaikan bahwa dari total 13 kereta tersebut, 11 di antaranya berangkat dari Stasiun Gambir dan dua lainnya dari Stasiun Pasar Senen.
Menurut Ixfan, pembukaan pemesanan tiket secara lebih awal ini bertujuan memberikan keleluasaan bagi pelanggan dalam merancang perjalanan.
“Pemesanan tiket untuk periode perjalanan mulai 1 Desember 2025 dilakukan secara bertahap sesuai dengan pola operasi dan jadwal yang berlaku di seluruh wilayah operasional,” ujar Ixfan.
Keberangkatan dari Stasiun Gambir
- Argo Merbabu (KA 26) – relasi Gambir–Semarang Tawang, pukul 06.00 WIB
- Argo Muria (KA 20A) – relasi Gambir–Semarang Tawang, pukul 07.15 WIB
- Sembrani (KA 40) – relasi Gambir–Surabaya Pasarturi, pukul 10.20 WIB
- Argo Merbabu (KA 24) – relasi Gambir–Semarang Tawang, pukul 12.00 WIB
- Brawijaya (KA 38) – relasi Gambir–Malang, pukul 15.45 WIB
- Argo Sindoro (KA 18) – relasi Gambir–Semarang Tawang, pukul 16.45 WIB
- Sembrani (KA 42) – relasi Gambir–Surabaya Pasarturi, pukul 19.30 WIB
- Argo Merbabu (KA 28) – relasi Gambir–Semarang Tawang, pukul 19.45 WIB
- Pandalungan (KA 32) – relasi Gambir–Jember, pukul 19.55 WIB
- Argo Muria (KA 22) – relasi Gambir–Semarang Tawang, pukul 22.40 WIB
- Argo Anjasmoro (KA 30F) – relasi Gambir–Surabaya Pasarturi, pukul 23.35 WIB
Keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen
- Gaya Baru Malam (KA 90) – relasi Pasar Senen–Surabaya Gubeng, pukul 11.10 WIB
- Jayabaya (KA 92) – relasi Pasar Senen–Malang, pukul 22.15 WIB
Penjualan Tiket Sudah Bisa Dilakukan
Pelanggan sudah dapat membeli tiket Daftar kereta yang sudah tersedia keberangkatan mulai 1 Desember 2025 melalui seluruh kanal resmi KAI, seperti aplikasi Access by KAI, situs booking.kai.id, Call Center 121, maupun mitra resmi lainnya.
Vice President Public Relations KAI, Anne Purba, menjelaskan bahwa penyesuaian jadwal dilakukan guna meningkatkan keselamatan, efisiensi, serta kenyamanan penumpang.
“Kami memastikan seluruh proses penyesuaian berjalan lancar agar perjalanan pelanggan tetap aman, nyaman, dan tepat waktu,” ujar Anne dalam siaran persnya, Kamis (6/11).
Ixfan juga mengimbau masyarakat untuk segera melakukan pemesanan agar tidak kehabisan tiket.
“Silakan periksa aplikasi Access by KAI atau kanal eksternal lainnya untuk mengetahui daftar kereta yang sudah tersedia keberangkatan mulai 1 Desember 2025. Nanti akan disusul oleh kereta lain secara bertahap,” tuturnya.
KAI berharap dengan sistem pemesanan lebih dini ini, pelanggan dapat menyesuaikan waktu perjalanan dengan lebih matang, terutama menghadapi tingginya mobilitas pada musim liburan akhir tahun.
