sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Haijakarta.id
Follow

HAIJAKARTA.ID – Sebanyak 393 jamaah haji Jakarta yang tergabung dalam Kloter 63 Embarkasi Jakarta telah tiba kembali di tanah air.

Hal ini menandai kloter terakhir rombongan haji asal Jakarta untuk musim haji 2024.

Ketua Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi DKI Jakarta, Cecep Khairul Anwar, menyampaikan bahwa secara keseluruhan pemulangan jamaah haji dari Jakarta, Banten, dan Lampung telah mencapai 99 persen.

“Dari 65 kloter dari Jakarta, Banten dan Kota Lampung 2024 berkisar 25.970 orang dan terhitung terealisasi 64 kloter dengan jumlah 25.772 jamaah, atau mencapai 99 persen dari target sampai pada hari ini,” ujar Cecep, Minggu (21/7/2024).

Cecep, yang juga menjabat Ketua PPIH Embarkasi/Debarkasi Jakarta Pondok Gede, mengungkapkan bahwa dari 8.212 jamaah haji Jakarta yang telah pulang, 21 kloter sudah berhasil kembali.

Namun, terdapat 11 jamaah yang meninggal dunia dan tiga orang lainnya masih dalam penanganan medis di rumah sakit Arab Saudi.

Apresiasi dan Komitmen

Cecep menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah bekerja keras dalam pelaksanaan ibadah haji tahun ini dan mengungkapkan turut berduka cita atas wafatnya 45 jamaah di Arab Saudi.

“Kami turut berbela sungkawa kepada keluarga yang ditinggalkan, semoga amal ibadah beliau meninggal di tanah suci di terima Allah SWT,” tambahnya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag RI, Hilman Latief, melaporkan bahwa total keseluruhan jamaah haji asal Indonesia yang telah kembali ke tanah air berjumlah 208.490 orang, yang terbagi dalam 539 kloter.

Saat ini, masih ada 4.221 jamaah haji dari 14 kloter yang masih menunggu proses kepulangan.

Sasdi Junaedi, seorang jamaah haji asal Kebayoran Lama, mengungkapkan kebahagiaannya setelah melaksanakan ibadah haji tahun ini.

“Saya bersyukur tidak ada kendala baik dari transportasi, makanan dan penginapan,” katanya.